Program Studi Sejarah Peradaban Islam melaksanakan WEBINAR “Manggatang Budaya Itah”

Pada senin, tanggal 5 Juli 2021 telah terselenggara acara webinar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah  Program Studi Sejarah Peradaban Islam IAIN Palangka Raya dengan mengusung tema “Manggatang Budaya Itah” atau dalam bahasa Indonesianya “Mengangkat Budaya Kita”. Webinar SPI yang berlangsung secara virtual melalui  Zoom ini dimoderatori oleh Muhammad Iqbal, M.Hum dosen SPI sedangkan untuk narasumber, merupakan mereka yang memang ahli dibidang sejarah dan kebudayaan, diantaranya Dr. Guntur Talajan, M.Pd selaku kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum yang merupakan dosen sejarah Universitas Andalas Padang, serta Muhammad Husni, M.Hum dosen Sejarah Peradaban Islam. Acara dihadiri oleh seratus lebih peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, dari daerah di Sumatera, Jawa dan tentunya Kalimantan.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari dekan FUAD IAIN Palangkaraya, Dr. Desi Erawati, M.Ag, dilanjutkan pembacaan doa oleh Kaprodi IQT, Ahamd Dasuki, Lc.,M.A.

Berikutnya, acara inti yaitu pemaparan materi oleh para narasumber. Ketiga narasumber nampak serius dan bersemangat dalam memaparkan materi mereka yang ditampilkan dalam powerpoint. Sesekali, Dr. Guntur memperlihatkan benda-benda hasil kerajinan Kalimantan Tengah sebagai upaya untuk memperkenalkan salah satu bentuk kebudayaan suku Dayak Kalimantan Tengah.

 Tidak hanya para narasumber yang bersemangat, para peserta juga terlihat sangat antusias selama mengikuti webinar, hal ini terlihat pada banyaknya pertanyaan yang masuk melalui kolom room chat Zoom. Pertanyaan-pertanyaan yang tertuju pada ketiga narasumber tersebut, ditampung oleh moderator dan dijawab pada sesi tanya jawab.

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada ketiga narasumber secara simbolis  oleh dekan FUAD IAIN Palangkaraya. Setelahnya, tidak lupa pula sesi foto bersama antara narasumber dengan peserta webinar. Agenda terakhir bagi para peserta yaitu mengisi formulir yang berisikan pesan dan kesan peserta terhadap acara webinar. Pada salah satu kesannya, peserta menyampaikan rasa senangnya atas acara ini, karena mendapatkan wawasan tambahan tentang sejarah dan kebudayaan.

Kegiatan Webinar ini diharapkan dapat memberikan Pemahaman terhadap budaya juga dapat berperan menambah wawasan pengetahuan dan penghayatan kepada para peserta webinar yang tergabung khususnya mahasiswa Prodi SPI mengenai pentingnya kebudayaan, kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar dalam sendi kehidupan masyarakat.

Uncategorized