Sidang Skripsi Mahasiswa Prodi SPI Semester Genap

Mahasiswa prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya melaksanakan sidang skripsi pada semester genap Tahun Akademik 2020/2021. Sidang skripsi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar, Sarjana Humaniora (S.Hum) khususnya pada prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI). Pada semester genap ini, ada enam orang mahasiswa angkatan 2017 prodi SPI berhasil mendapat gelar S.Hum, setelah sebelumnya mereka dapat menyelesaikan sidang skripsi melalui tahap pengujian oleh para tim penguji yang ahli di bidangnya. Sidang atau munaqasah skripsi yang bertempat di ruang munaqasah yang terletak di lantai 1 gedung Perkuliahan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) ini, berlangsung di tanggal yang berbeda-beda.

Pada hari selasa tanggal 6 April 2021 sidang skripsi dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Hermanto yang mengangkat judul penelitian “Kontribusi Masjid Al-Iman dalam Islamisasi di Desa Telaga Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, 1939-2020” berhasil menyelesaikan sidang skripsinya. Selanjutnya, di hari yang sama pada pukul 09.30, Roisah Rubiyanti juga meyelesaikan sidang skripsi, ia membahas tentang “Pejuang Masa Pergerakan Kemerdekaan Republik Indonesia: Studi Historis Perjuangan Haji Muhammad Arsyad di Kotawaringin Timur (1874-1960). Keduanya berhasil mendapatkan kualifikasi penilaian dengan predikat amat baik.

Kemudian pada hari Kamis tanggal 06 Mei 2021, telah terlaksana sidang skripsi yang terdiri dari dua orang mahasiswa juga. Diantaranya Fatihatur Rizqiah dan Muhammad Lamsi. Fatihatur meneliti tentang “Dinasti Safawiyah di Persia (Studi Historis: Peralihan Gerakan Keagamaan ke Gerakan Politik Dinasti Safawiyah 1301-1629” dan mendapatkan kualifikasi baik. Lamsi yang mengambil judul penelitian “Analisis Historis Imigran Muslim dalam Kesuksesan Sepak Bola Prancis pada Piala Dunia Tahun 1998 & 2018” mendapatkan predikat amat baik.

Terakhir, tanggal 24 Mei 2021 telah terselenggara munaqasah skripsi atas nama Salma Febylia dan Rika. Salma Febylia berhasil mendapat kualifikasi baik melalui penelitiannya yang berjudul “Keberadaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palangka Raya  1985-2020”. Rika dengan judul penelitiannya “Ritual Tujuh Bulanan (Tian Mandaring) Pada Masyarakat Banjar di Desa Pegatan Kecamatan Katingan” berhasil mendapatkan kualifikasi amat baik.

Uncategorized