Mahasiswa Prodi SPI Juara II Duta Baca Kota Palangka Raya

Muhammad Najibuddin Anshary, mahasiswa prodi sejarah peradaban Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya berhasil mendapatkan juara 2 duta baca kota Palangkaraya 2021. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Palangkaraya dan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 5-7 April 2021. Lomba diikuti oleh mahasiswa/I dari berbagai universitas di Palangka Raya dan peserta umum. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh peserta, diantaranya seleksi wawancara dan presentasi bagi peserta yang lolos ke dalam tiga besar.

Najib menceritakan, awal sebelum mengikuti seleksi wawancara, peserta wajib mengirimkan resensi dua buku yang masing-masing tergolong dalam buku fiksi dan buku non fiksi. Selain itu ia juga menyiapkan kelengkapan lainnya seperti pembuatan video dan kelengkapan berkas. Ketika telah berhasil melewati seleksi wawancara, mereka yang lolos maju ke babak grand final, kemudian mempresentasikan programnya masing-masing, yang telah ditetukan temanya oleh panitia, yaitu “Andai Aku Jadi Duta Baca, Aku Akan Menjadikan Perpustakaan Kota Palangka Raya sebagai Destinasi Wisata Literasi”. Berdasarkan presentasi tersebut, peringkat peserta grand final ditentukan. Hingga akhirnya pengumuman keluar dan  Najib dinyatakan sebagai juara 2 Duta Baca.

Sebelum berhasil menjuarai kompetisi ini, najib juga memiliki sederet prestasi lainnya, seperti juara 1 Duta Baca Madya Kabupaten Kapuas  tahun 2016, juara 2 duta GenRe jalur pendidikan Kalimantan Tengah tahun 2018, terbaik 3 Duta Bahasa Kalimantan Tengah tahun 2018 dan juara 2 Duta Milenial Kalimantan Tengah tahun 2019.

Terakhir, Najib memberikan tips bagi adik tingkatnya yang juga berminat menjadi duta baca. Menurutnya, “duta baca bukan sekadar tentang membaca, lebih dari itu kawan-kawan mesti memahami seluk beluk perpustakaan, memahami dan punya visi untuk perpustakaan serta bersahabat dengan perpustakaan. Karena duta baca ini sejatinya adalah duta perpustakaan juga”. Ia juga berharap mahasiswa/I SPI dapat memanfaatkan potensi diri dengan mengikuti sebanyak mungkin kegiatan seperti lomba-lomba, “Jangan pernah malu untuk mulai ikut berkompetisi dan berlomba hingga berorganisasi dan berkarya, karena di situ kita bisa mengembangkan diri dan kemampuan kita di luar ruang kuliah dan akademik.”

Uncategorized