Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan 2 (KKL)

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan 2 (KKL)

Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam, pada tanggal 8-9 Mei 2019 melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL II) di Kota Waringin Barat tepatnya di Kota Pangkalan Bun, mahasiswa wajib mengambil mata kuliah praktikum pada semester enam (6) setelah sebelumnya telah mengambil KKL I di semester lima (lima). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat mata kuliah teori tentang keberadaan situs-situs di Kalimantan Tengah yang telah didapatkan dalam ruang kelas  maka untuk mempertajam wawasan pengetahuan mengenai sejarah keberadaan situs-situs peninggalan masa lampau, mahasiswa di terjunkan langsung untuk melihat, menelusuri dan mewawancarai orang-orang yang masih mengetahui jejak sejarah keberadaan situs-situs tersebut.

Perjalanan ke situs yang terletak di kota Pangkalan Bun menempuh jarak waktu kurang lebih 10 jam dengan menggunakan angkutan darat. Ada tiga tempat yang di datangi mahasiswa KKL diantaranya Istana Kuning dan Istana Mangkubumi di hari kedua mengunjungi Museum Kayu di Kota Sampit. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Gusti James (keturunan pangeran) mengenai sejarah keberadaan Istana Kuning lengkap dengan sejarah nasab para Sultan yang telah memerintah kala itu.

Perjalanan ke situs yang terletak di kota Pangkalan Bun menempuh jarak waktu kurang lebih 10 jam dengan menggunakan angkutan darat. Ada tiga tempat yang di datangi mahasiswa KKL diantaranya Istana Kuning dan Istana Mangkubumi di hari kedua mengunjungi Museum Kayu di Kota Sampit. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Gusti James (keturunan pangeran) mengenai sejarah keberadaan Istana Kuning lengkap dengan sejarah nasab para Sultan yang telah memrintah kal itu

Setelah proses wawancara dan pemotretan benda-benda bersejarah oleh mahasiswa maka sebagai ucapan terimakasih panitia pelaksana memberikan cinderamata berupa plakat ke pihak istana yang diwakili oleh Gusti James diberikan langsung oleh Dosen Prodi. SPI sekaligus sebagai Ketua Panitia KKL yaitu bapak  Muhammad Husni, M. Hum. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan ini bukan kunjungan yang terakhir karena mahasiswa Prodi. SPI telah diprogramkan mengambil mata kuliah ini setiap semester enam (6) artinya tahun depan kita akan berkunjung kembali dengan para mahasiswa.

Penyerahan Cinderamata kepada narasumber oleh
Ketua Panitia KKL Bapak  Muhammad Husni, M. Hum

Kegiatan di Istana Mangkubumi sama halnya dengan di Istana Kuning mahasiswa kembali aktif mewawancarai narasumber dan mendokumentasikan artepak-artepak dan naskah yang masih tersimpan sebagai bahan laporan dan menjadi data awal jika menindaklanjutinya menjadi sebuah penelitian.

Berita